Untuk alasan ekonomi dan lingkungan, kendaraan yang irit bahan bakar adalah standar yang ideal. Dan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkannya adalah dengan mengurangi bobot kendaraan. Ketika bobot kendaraan dikurangi, biasanya membawa konsekuensi lain: mobil menjadi lebih ringkih sehingga faktor keamanan pun berkurang. Namun hal itu tidak terjadi pada Mazda. Dengan teknologi SKYACTIV-BODY, Mazda mampu menciptakan bodi kendaraan yang ringan sekaligus kokoh.
Berat kendaraan menjadi salah satu faktor penting dalam mencapai efisiensi bahan bakar, karena semakin ringan beban yang ditanggung, maka semakin sedikit juga bahan bakar yang dibutuhkan. Untuk menciptakan bodi berbobot ringan, Mazda menyederhanakan susunan rangka, mengoptimalkan bentuk penampang rangka serta menggunakan panel-panel sebagai bagian dari rangka tersebut. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pun sebagian besar adalah ultrahigh-tensile steel dan filler (pengisi rongga) berkekuatan tinggi yang masing-masing memiliki bobot lebih ringan daripada material yang digunakan sebelumnya.
Untuk mengoptimalkan kekuatan rangka, Mazda melakukan pengembangan pada seluruh rangka bodi mobil. Dengan teknologi SKYACVTIV-BODY, Mazda membuat palang rangka yang lebih lurus, lalu menyambungkannya, agar tersusun sebuah konstruksi tak terputus dan kuat. Susunan rangka dengan struktur semacam ini mencegah member rangka melengkung ke atas saat terjadi benturan, sehingga mampu memberikan kombinasi unggul antara keselamatan saat terjadi tabrakan dan penghematan bahan bakar. Teknologi SKYACTIV-BODY juga didesain dengan tingkat kekakuan (rigiditas) yang tinggi dengan menggunakan baja regangan tinggi yang tentunya membantu di saat terjadinya kecelakaan.
Aspek keamanan Mazda ini sudah teruji melalui serangkaian uji coba tabrak yang dilakukan oleh berbagai lembaga independen di Eropa, Jepang dan Amerika dengan hasil yang memuaskan untuk keselamatan penumpang dan pengemudi kendaraan.
Teknologi SKYACTIV-BODY ini telah diterapkan pada All New Mazda 2, Mazda CX-5 dan Mazda 6.